Islandia Singkirkan Inggris, Hodgson Langsung Mundur

Kapten Inggris, Wayne Rooney, menutup wajahnya setelah gol Kolbeinn Sigþorsson yang mengubah skor jadi 2-1. (Robin Jones/Digital South via thesun).
Kapten Inggris, Wayne Rooney, menutup wajahnya setelah gol Kolbeinn Sigþorsson yang mengubah skor jadi 2-1. (Robin Jones/Digital South via thesun).

NICE – Dua belas tahun lalu Inggris membombardir Islandia dengan skor 6-1 dalam sebuah laga uji coba. Tapi dinihari tadi, mereka takluk 1-2 oleh tim debutan dari negeri terkecil di Eropa itu. Inggris tersingkir dari Euro 2016 Prancis dan Roy Hodgson langsung mundur sebagai pelatih The Three Lions.

Pertandingan 16 besar Euro 2016 di Allianz Riviera, Nice, Selasa (28/6/2016) dinihari, tampaknya akan mudah bagi Inggris yang memang lebih diunggulkan. Terbukti skuad Roy Hodgson sudah unggul 1-0 saat laga baru berjalan empat menit melalui penalty oleh Wayne Rooney. Hukuman penalty diberikan wasit akibat penjaga gawang Hannes Thór Halldórsson menjatuhkan Raheem Sterling di kotak penalti. Sepakan keras Kapten Rooney tak mampu diraih Halldorsson.

Rupanya Islandia tak terpengaruh oleh gol cepat itu. Dua menit berselang, persisnya di menit ke-6, Islandia membalas melalui gol Ragnar Sigurdsson setelah menerima umpan sundulan Kari Arnason. Islandia kemudian menambah gol melalui Kolbeinn Sigthorsson pada menit ke-19.

Sebenarnya tembakan Sigthorsson tepat mengarah ke Joe Hart, namun tangkapan penjaga gawang Manchester City ini terlepas sehingga bola menggelinding masuk gawang.

Inggris berusaha keras menyamakan kedudukan dengan menggempur Islandia, tapi tak satupun gol tercipta. Padahal, statistik pertandingan menunjukkan Inggris menguasai 63 persen ball possession dan melakukan 17 tembakan, enam di antaranya on target, namun tak satupun berbuah gol. Sebaliknya Islandia hanya mencatat delapan tembakan, lima on target, dan dua di antaranya berbuah gol.

Hodgson mundur 

Bek Islandia Ragnar Sigurdsson mengatakan, Inggris menduga laga ini akan mereka akhiri dengan mudah. Tetapi kami yakin pada kemampuan kami,” kata Sigurdsson seperti dilansir Soccerway.

“Inggris memulai dengan amat baik, penuh tenaga. Tapi mereka terkejut dengan gol balasan dan kemudian gol kedua tak lama kemudian. Mereka sedikit panik,” imbuh Sigurdsson.

Inggris terpaksa angkat koper dan sang manager, Roy Hodgson, menyatakan mundur dari posisinya. Dua asistennya, Ray Lewington dan Gary Neville, juga mengikuti jejak sang bos.

“Akhirnya, saya berterima kasih kepada seluruh staf, pemain, FA, dan tentu saja para fans. Ini adalah perjalanan yang luar bisa selama empat tahun. Saya akan melihat ke belakang dengan bangga. Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada media telah mengikuti saya selama empat tahun,” papar Hodgson usai pertandingan.

“Saya memohon maaf mengakhirinya seperti ini dengan kembali kami tersingkir dari turnamen, namun hal semacam ini bisa saja terjadi. Yang bisa saya lakukan adalah berdoa yang terbaik buat seluruh pihak dan berharap masih bisa melihat Inggris dalam waktu dekat berada di final dalam sebuah turnamen mayor,” imbuh pria yang ditunjuk sebagai pelatih pada Mei 2012.

Federasi Sepakbola Inggris (FA) menyatakan kecewa atas kekalahan Inggris sekaligus mendukung keputusan mundurnya Hodgson.
“Seperti halnya negara ini, kami juga kecewa dengan kekalahan malam ini dan laju kami di Euro 2016 sudah berakhir cepat,” sebut FA dalam keterangan yang dikutip BBC.

“Kami sempat punya harapan besar untuk lolos ke fase-fase selanjutnya dalam turnamen ini tapi pada akhirnya harus menerima bahwa kami belum bisa menjawab ekspektasi kami sendiri atau juga harapan negara ini. Kami mendukung keputusan Roy Hodgson untuk mundur sebagai manajer Inggris dan dalam waktu dekat akan membahas langkah selanjutnya.” (*)

Rangkuman Hasil 16 Besar
25 Juni 2016: Swiss vs Polandia 1-1 (Polandia menang adu penalti: 4-5).
25 Juni 2016: Wales vs Irlandia Utara 1 – 0
26 Juni 2016: Kroasia vs Portugal 0 – 1
26 Juni 2016: Prancis vs Irlandia 2 – 1
26 Juni 2016:Jerman vs Slovakia 3 – 0
27 Juni 2016: Italia vs Spanyol 2 – 0
28 Juni 2016:Inggris vs Islandia 1 – 2